Senin, 04 November 2013

Timor Leste Menatap Masa Depan

Adang Hilman            1002908

M. Fikri Alamsyah      1002084

ABSTRAK
Makalah ini berjudul Timor Leste Menatap Masa Depan. Timor leste ialah salah satu Negara miskin didunia. Peran pemerintah dalam pembangunan Negara timor leste sangat penting dimana Negara ini masih banyak kekurangan baik dari segi ekonomi sosial maupun politik. Pada tanggal 20 mei 2002 timor leste merdeka dan menjadi Negara berdaulat yang di kepalai oleh presiden. Dalam menghadapi era globalisasi ini Negara ini tidak mudah untuk menghadapi tantangan pembangunan yang di idam-idam kan oleh Negara ini, berbagai tantangan siap menghadang Negara ini. Aspek sosial ekonomi dan politik serta keamanan Negara ini perlu di benahi, di karenakan Negara ini masih banyak kemiskinan yang merajarela. Meskipun demikian, perlahan namun pasti, berbagai institusi yang dibutuhkan untuk menunjang pembangunan di Timor-Leste terus dibentuk dan mulai berfungsi dengan baik.
Institusi menjadi penentu awal capaian pembangunan yang efektif dan efisien. Sekilas melihat tentang ekonomi dan keadaan alam timor leste, Negara ini kaya akan minyak. Dalam beberapa hal Negara ini adalah salah satu Negara pengekspor minyak di dunia, akan tetapi dalam permasalahan ini, Negara ini timbul ketergantungan akan penggunaan minyak tersebut dan menggunakan minyak sebagai mata pencaharian utama dari Negara tersebut. Dalam beberapa dekade terakhir, umat manusia sudah belajar bahwa minyak dan gas tidak memberikan berkah seperti yang diidamkan oleh banyak orang, khususnya untuk mereka yang hidup di negara-negara yang memiliki minyak.
Di banyak tempat, minyak merupakan faktor utama penyebab penderitaan, krisis politik, kerusakan lingkungan dan kesenjangan ekonomi, yang mengakibatkan rusaknya keamanan – internal maupun eksternal, lokal maupun global, pribadi maupun nasional. Di seluruh dunia, dampak-dampak di atas paling parah di negara-negara dimana minyak dan gas merupakan bagian terbesar dari perekonomiannya. Ketika ekspor minyak dan gas lebih besar dibandingkan dengan ekspor lain, dan konstribusi minyak dan gas merupakan bagian terbesar bagi kegiatan pemerintah, maka negara tersebut adalah negara yang tergantung pada minyak.
Tujuan dari pembuatan makalah ini ialah untuk mengetahui lebih jauh keadaan Negara timor leste baik dari segi internal maupun external. Dalam makalah ini di bahas tentang aspek sosial, ekonomi politik dan keamanan dalam Negara timor leste ini. Dalam beberapa hal Negara beruntung karena salah satu Negara yang mempunya sumber minyak yang berlimpah. Akan tetapi dalam proses pemanfaat minyak tersebut masih kurang di manfaatkan dengan baik, baik dari segi internal maupun external.
Oleh karena itu Negara timor leste ini termasuk Negara miskin di dunia di karenakan aspek dalam beberapa hal nya masih kurang, baik dari segi sosiak, ekonomi, politik maupun keamanan. Maka dari hal itu Negara ini termasuk Negara miskin di dunia.

1 komentar:

  1. artikel ini menjelaskan tentang bagaimana pembangunan timor leste dari awal merdeka sampai saat ini. artikel ini memberikan kita wawasan bagaiman negara timor leste ini berkebang dan kita juga dari artikel ini mengetahui tentang sistem perekonomian seperti minyak. artikel ini sangat membantu dan meberikan wawasan bagaian keadaan negara timor leste.

    BalasHapus