Senin, 04 November 2013

Modernisasi Korea Selatan “KebijakanEkonomi Sungai Han dariTahun 1960-1980”

Muhamad Husnu                  1006583

Trisna Awaluddin H             1002070

Abstrak
Korea Selatan pada tahun 1950-an negara ini adalah salah satu negara termiskin di dunia. Sama miskinnya dengan negara-negara termiskin di Afrika dan Asia. Ekonominya hanya bersandar pada pertanian, belum lagi sempat hancur gara-gara pendudukan Jepang dan Perang Korea. Namun dalam 4 dekade, Korea Selatan berubah cepat dari negara termiskin, menjadi salah satu Negara paling kaya dan tercanggih di dunia dengan nilai ekonomi Trilyunan dollar. Keajaiban di Sungai Han adalah sebuah istilah yang merujuk pada periode pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat, industrialisasi, pencapaian teknologi, urbanisasi, pembangunan gedung-gedung pencakar langit, modernisasi, globalisasi yang terjadi di Korea Selatan dari puing-puing Perang Korea menjadi sebuah negara makmur.
Hal yang menjadi momentum terlepasnya Korea dari lingkaran kemiskinan serta tingkat pertumbuhan ekonomi yang sustainable adalah penerapan pembangunan ekonomi lima tahunan yang dimulai dari pemerintahan Presiden Park Chung Hee.Namun pada perkembangan selanjutnya, Korea Selatan dapat mengubah ketergantungannya menjadi sebuah ketergantungan yang dinamis, Korea Selatan berusaha untuk bangkit dari keterpurukannya dan berhasil mejadi negara yang berkembang pesat dalam hal perekonomiannya. Jika dikaji melalui teori defendensi baru, Korea Selatan yang pada mulanya dikatakan sebagai negara miskin kini telah mampu mencapai pertumbuhan ekonomi dan kesentosaan politik yang lebih dari sekedar memadai. Sebagai contoh sebut saja nama Samsung, LG, Daewoo, Hyundae, SK Groups, Ssangyong, Hanbo, Lotte, dan lain sebagainya, yang kita kenal sebagai deretan chaebol raksasa Korea.Selain itu, kunci sukses pembangunan ekonomi Korea Selatan terletak pada pilihan pilihan strategi kebijakan ekonomi. memberikan perhatian besar pada pendidikan, pembangunan sumber daya manusia, serta investasi agresif di kegiatan penelitian dan pengembangan. Sukses Korea Selatan juga ditopang oleh tumbuh suburnya jiwa kewiraswastaan, tenaga kerja yang sangat terlatih, pengelolaan utang luar negeri yang baik, pemerintahan yang relatif bersih, iklim perdagangan dunia yang liberal, makro-ekonomi yang solid, dan kondisi sosial-politik yang relatif bebas dari konflik.
Kata Kunci: Modernisasi, Ekonomi, Depedensi, Pembangunan, Globalisasi, Sungai Han

2 komentar:

  1. perekonomian di Korea Selatan memang awalnya sangat bergantung pada Perekonomian sungai Han. Akibat dari ini Korea Selatan yang awalnya merupakan Negara Periferal atau pinggiran menjadi negara semi periferal atau semi pinggiran menurut teori sistem dunia.

    BalasHapus