Senin, 04 November 2013

PEMBANGUNAN EKONOMI DI SINGAPURA

Endang Tri Wahyuni               1002114
Sinta Dewi                              1002196

ABSTRAK

Singapura memiliki luas wilayah terkecil di Asia Tenggara yaitu 710,2 akan tetapi luas tersebut bertambah menjadi 581,5   setelah dilakukan reklamasi. Di sebelah utara berbatasan dengan Malaysia dan di sebelah selatan berbatasan dengan Indonesia. Secara geografis Singapura berada pada  17’ LS dan  51’ BT (www. id.wikipedia.org).
Singapura merupakan salah satu negara yang cukup maju dalam pembangunan ekonominya. Hal ini terlihat dari peranan perekonomian dari sektor pariwisata yang mendominasi dan menambah devisa negara Singapura. Singapura memiliki tempat wisata yang beraneka ragam seperti pusat-pusat perbelanjaan dan kebanyakan yang sering mengunjungi Singapura adalah orang-orang asal Indonesia atau turis asal Indonesia, hal ini dikarenakan orang Indonesia memiliki sifat konsumtif. Menurut Economist Intelligence Unit dalam “Indeks Kualitas Hidup” menempatkan Singapura pada peringkat ke satu kualitas hidup terbaik di Asia dan menempati urutan ke sebelah di dunia. Selain itu Singapura memiliki cadangan devisa terbesar kesembilan di dunia.
Singapura jika di lihat dari segi ekonominya mulai membangun perekonomiannya dengan melakukan penataan di lembaga-lembaga pengelolaan ekonomi. Birokrasi Singapura dibagi menjadi tiga yaitu kementrian negara, statutory board dan perusahaan milik negara dan semi negara. Tahap pembangunan nasional Singapura dilihat dari situs resminya Economic Development Board, mengklasifikasikan sejarah tahapan pembangunan Singapura dalam beberapa periode sejak tahun 1960an sampai dengan tahun 2000an yaitu periode tahun 1960an, 1970an, 1980an, 1990an dan 2000an (Nova Marannu, 2010).


Perekonomian di Negara Singapura mengandalkan system ekspor barang elektronik dan bahan-bahan kimia. Negara Singapura tidak memiliki sumber daya alam yang cukup sehingga Negara ini mengimpor bahan mentah untuk kebutuhan ekspor Negara mereka dari negara lain.
Sektor ekonomi di Negara ini sangat didukung sekali oleh system pendidikan yang maju dan menunjang untuk kebutuhan pekerja yang ada. Buruh di Negara ini merupakan buruh yang kompeten dibidangnya sehingga benar-benar bias bekerja dengan baik.
Selain mengekspor bahan kimian dan alat elektronik, pertumbuhan ekonomi di Singapura juga ditunjang oleh pelabuhannya yang strategis dan dapat menopang kegiatan ekspor-impor dengan baik. Faktor yang paling penting dari penunjang kemajuan ekonomi Negara ini adalah peranan pemerintahnya yang benar-benar mendukung segala aspek yang bias memajukan perekonomian seperti pariwisata, inprastruktur serta peraturan pemerintah.
Faktor pariwisata menjadi salah satu penunjang paling penting perekonomian di Negara Singapura. Dengan tata kota yang baik dan peraturan pemerintah yang  mendukung pengembangan pariwisata Singapura menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi para wisatawan baik dari luar maupun dalam negeri. Tentunya ini sangat menguntungkan bagi Singapura selain menambah devisa negara,  banyaknya objek wisata juga dapat menyerap lapangan pekerjaan bagi masyarakat Singapura sehingga bisa menekan angka pengangguran di Negara ini.
Selain itu, pariwisata juga memberi dampak positif bagi negara ini, dengan banyak dikunjungi para wisatawan dari luar bisa menarik investor untuk menanamkan modal di Singapura demi menunjang pertumbuhan ekonomi yang lebih maju dan berkembang. Negara yang baru merdeka dan tidak mempunyai kekayaan alam yang melimpah seperti negara kita saja bisa maju dan berkembang begitu pesat bahkan menjadisalah satu macan di asia, mengapa negara kita seolah-olah tertinggal jauh. Semoga kita semua dapat belajar dari Singapura yang jauh lebih baik dari negara kita

1 komentar:

  1. Pembangunan Singapura begitu menarik untuk di kaji. bila dilihat dari luas wilayahnya yang tidak terlalu luas tidak menjadikan pembangunan di negara tersebut terhambat. Singapura memiliki ekonomi yang tinggi dalam bidang pariwisatanya. pariwisata di Singapura menarik orang-orang khususnya masyarakat Indonesia yang sering mengunjungi negara tersebut dan merupakan penyumbang devisa bagi negara tersebut. tidak hanya itu pembangunan yang pesat di singapura di tunjang dengan faktor pendidikan yang baik sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik dan teratur.

    BalasHapus